'/> Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, Dan Contohnya

Info Populer 2022

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, Dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, Dan Contohnya
Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, Dan Contohnya

Pengertian Sistem Operasi

Membahas wacana komputer, niscaya suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi. Namun, apakah pengertian sistem operasi itu sendiri? Pengertian sistem operasi komputer merupakan sebuah perangkat lunak atau software yang mempunyai kiprah guna mengontrol dan melaksanakan administrasi pada perangkat keras atau hardware serta banyak sekali operasi dasar pada sistem tersebut, termasuk didalamnya menjalankan sebuah software. Tanpa adanya sistem operasi didalam sebuah komputer, pengguna tersebut tidak sanggup untuk menjalankan banyak sekali macam jadwal aplikasi yang ada pada komputer mereka, kecuali hanya jadwal booting.

Dalam bahasa Inggris, kata sistem operasi disebut dengan OS atau kepanjangan dari operating system. Sistem operasi komputer ialah suatu software yang terletak pada lapisan utama dan software tersebut yang pertama kali diletakkan ke dalam memori sebuah komputer knorma dan susila komputer tersebut dihidupkan. Memori komputer yaitu harddisk.

 niscaya suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, dan Contohnya
Setelah sistem operasi suatu komputer berjalan, maka aplikasi atau software yang ada didalamnya sanggup dijalankan. Sistem operasi tersebut berfungsi untuk melaksanakan layanan inti umum guna menjalankan aplikasi atau software yang ada didalamnya. Karena software tersebut sudah dilayani oleh sistem operasi, maka software sudah tidak perlu untuk melaksanakan pekerjaan inti umum. Layanan inti umum yang dimaksud tersebut antara lain : administrasi memori, user interface, memmemberikan jalan masuk ke disk, serta menjadwalkan beberapa aplikasi pemrograman yang berjalan dengan bersamaan.

Bagian-Bagian Sistem Operasi

 niscaya suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, dan Contohnya
Pada umumnya, sistem operasi suatu komputer terdiri dari bagian-bagian sebagai memberikankut :
    1) Mekanisme Boot ialah meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
    2) Kernel yaitu suatu inti dari sistem operasi.
    3) Command Interpreter atau shell mempunyai kiprah untuk membaca input dari pengguna.
    4) Pustaka-pustaka yang bertugas untuk menyediakan fungsi-fungsi dasar serta sesuai ketentuan yang sanggup untuk dipanggil oleh software lain.
    5) Driver yang mempunyai kegunaan untuk melaksanakan interaksi dengan hardware-hardware eksternal lainnya dan sekaligus untuk mengontrol hardware tersebut.


Fungsi Sistem Operasi

 niscaya suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, dan Contohnya
Fungsi sistem operasi pada umumnya yaitu sebagai jembatan atau penghubung antara lapisan software dengan lapisan hardware serta berfungsi untuk menjalankan banyak sekali macam perintah penting yang ada dalam komputer. Fungsi sistem operasi lainnya yaitu untuk menjamin software biar sanggup berjalan secara lancar. Selain itu fungsi sistem operasi komputer juga untuk menjamin program-program yang lainnya dalam menggunakan memori, sanggup melaksanakan input dan output, mempunyai jalan masuk ke sistem file yang ada pada komputer. Untuk ludang kecepeh jelasnya, memberikankut fungsi sistem operasi :

    1) Bertindak sebagai Kordinator yang memmemberikankan akomodasi biar segala acara yang sifatnya kompleks sanggup dikerjakan dengan urutan yang benar.
    2) Bertindak sebagai Pengawal yang berperan untuk memegang kendali proses guna melindungi file-file serta untuk memmemberikan batasan terhadap penulisan, pembacaan, sanksi data dan program.
    3) Bertindak sebagai penjaga gerbang yang berperan mengawasi siapa saja yang sanggup atau diperbolehkan masuk ke dalam sistem komputer tersebut.
    4) Bertindak sebagai pengoptimal yang menciptakan jadwal atas beberapa masukan dari si pengguna, komputasi, jalan masuk basis data, keluaran, dan sebagainya guna meningkatkan kinerja sistem tersebut.
    5) Bertindak sebagai akuntan yang akan menjaga pewaktuan mengenai CPU untuk tetap berada di jalur yang benar, operasi I/O, penggunaan memori, penyimpanan pada disk, dan sebagainya.
    6) Bertindak sebagai server yang akan memmemberikankan pelayanan yang dibutuhkan oleh user atau pengguna, misalnya restrukturisasi direktori file.


Contoh Sistem Operasi

 niscaya suatu komputer tersebut tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi Sistem Operasi, dan Contohnya
Terdapat beberapa pola sistem operasi yang ada di dunia. Berikut pola sistem operasi, antara lain:
  1. Windows
  2. Windows merupakan salah satu pola sistem operasi yang sering digunakan. Sistem operasi Windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan berjulukan Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows menggunakan tampilan antar muka bergrafis atau GUI (Graphical User Interface). Dulunya Windows masih berupa ke dalam jenis Ms-Dos. Ms-Dos ialah sistem operasi yang menggunakan teks atau Command-Line interpreter.
  3. Linux
  4. Sistem operasi Linux yang berbasis pada sesuai ketentuan sistem operasi yaitu POSIX dan merupakan turunan dari UNIX.
  5. Macintosh
  6. Salah satu pola sistem operasi yaitu Macintosh. Macintosh merupakan sistem operasi yang sanggup digunakan oleh komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Macintosh ini dibentuk oleh perusahaan Apple. Karena Macintosh sudah dirancang khusus, sehingga Macintosh tidak cocok untuk digunakan pada komputer yang berbasis IBM. Sistem operasi ini ialah yang pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).
  7. Symbian
  8. Sistem operasi Symbian dikembangkan oleh perusahaan Symbian Ltd. Sistem operasi Symbian ini dirancang untuk peralatan yang bergerak, menyerupai handphone.
  9. Android
  10. Android ialah salah satu sistem operasi yang sudah sangat dikenal dan populer. Android merupakan sistem operasi yang khusus dirancang untuk mobile atau ponsel dan intinya Android ialah OS linux yang dikembangkan.
  11. Solaris
  12. Solaris ialah sisstem Operasi yang menurut dengan UNIX system yang dikembangkan oleh perusahaan berjulukan Sun Microsystems yang merupakan pendukung SunOS. Sistem operasi Solaris dikenal dan banyak digunakan sebab kestabilannya, khususnya yang ada pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris sudah disertifikasi ke dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal dari pengembangan sistem operasi tersebut menurut dengan kepemilikan pribadi, arahan dasarnya pada sistem solaris Solaris kebanyakan merupakan Software OpenSource yang kini sudah biasa dikenal dengan OpenSolaris.
  13. Chrome OS
  14. Ada juga sistem Operasi yang dikembangkan oleh perusahaan ternama yaitu Google. Chrome OS mempunyai keunggulan yang sangat ringan serta berbasiskan Linux dan juga sesuai ketentuand web untuk PC atau personal computer. Google Chrome sendiri bekerja dengan menggunakan metode switching atau Multi-Tasking, Windowing . Sistem operasi Chrome OS menggunakan sesuai ketentuand web HTML 5, yang mana merupakan pengembangan dari sebuah software di browser yang berbasis OS atau Sistem Operasi.


Itulah pengertian sistem operasi, fungsi sistem operasi, dan pola sistem operasi. Pengertian sistem operasi atau OS ialah suatu software yang berperan penting di dalam sebuah komputer.
Advertisement

Iklan Sidebar