'/> Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!

Info Populer 2022

Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!

Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
Pengertian Masyarakat Dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!

Pengertian Masyarakat

Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan, baik itu merupakan golongan bisa maupun tidak mampu, yang tinggal pada wilayah yang sama, serta mempunyai aturan adat, norma dan peraturan-peraturan untuk ditaati.

Berdasarkan dari ilmu etimologi, istilah kata "masyarakat" merupakan istilah dari serapan bahasa Arab yaitu "Syaraka" yang berarti ikut dalam berpartisipasi. Dalam bahasa Inggris, kata "masyarakat" disebut "society", yang berarti sekumpulan orang-orang yang membentuk sistem dan terdapat komunikasi di dalamnya.

 Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
Kesimpulannya bahwa pengertian masyarakat merupakan sekumpulan insan atau orang yang diberinteraksi dalam kekerabatan sosial, saling bekerjasama satu sama lain kemudian membentuk sebuah kelompok yang ludang keringh besar dan tinggal dalam satu wilayah. Untuk ludang keringh jelasnya, diberikut pengertian masyarakat berdasarkan para pakar.

Pengertian Masyarakat Menurut Para Ahli

 Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
  1. Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm
  2. Beliau beropini bahwa pengertian masyarakat ialah sejumlah besar orang-orang yang bertempat tinggal dalam satu wilayah yang sama, relatif independen serta sejumlah orang di luar wilayah tersebut, dan mempunyai budaya yang relatif sama.
  3. John J. Macionis
  4. Pengertian masyarakat merupakan sejumlah orang-orang yang diberinteraksi di dalam wilayah tertentu serta mempunyai budaya bersama.
  5. Wikipedia
  6. Masyarakat ialah sekelompok individu yang mempunyai kepentingan bersama serta mempunyai budaya dan forum yang khas. Masyarakat sanggup disebut sebagai sekelompok orang yang terorganisasi dan mempunyai tujuan bersama.
  7. Adam Smith
  8. Masyarakat sanggup terdiri atas jenis-jenis insan yang berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula, yang terbentuk serta dilihat dari segi fungsi tidak dari rasa cinta dan sejenisnya, dan hanya ada rasa untuk saling menjaga satu sama lain supaya tidak saling menyakiti.
  9. An-Nabhani
  10. Pengertian masyarakat merupakan sekelompok individu yang mempunyai pedoman perasaan, dan aturan yang sama, serta sanggup terjadi interaksi antar sesama lantaran adanya kesamaan untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.
  11. Linton
  12. Masyarakat ialah sekelompok insan yang sudah usang tinggal dan bekerja sama sehingga alhasil terbentuk organisasi guna mengatur diri sendiri serta berpikir mengenai dirinya sebagai satu kesatuan sosial yang masih dengan batasan tertentu.
  13. M,J. Heskovits
  14. Masyarakat ialah kelompok individu yang mengorganisasikan, mengikuti, dan mengatur cara hidup tertentu.
  15. S.R. Steinmentz
  16. Masyarakat sanggup disebut sebagai kelompok insan yang besar dan mencakup pengelompokan insan yang ludang keringh kecil yang mempunyai perhubungan yang teratur dan erat.
  17. J.L Gillin
  18. Masyarakat sanggup disebut sebagai sebuah kelompok insan yang cakupannya tersebar dan mempunyai kudang keringasaan, sikap, perasaan persatuan, dan tradisi yang sama.
  19. Mack Ever
  20. Masyarakat sanggup disebut sebagai sistem/aturan dari prosedur, otoritas, serta bertujuan untuk saling sebenarnya yang diantaranya mencakup kelompok dan pembagian sosial, sistem pengawasan dari tingkah laris tiap individu dan kebebasan. Aturan yang kompleks serta selalu berubah dari kekerabatan sosial.
  21. Selo Soemardjan
  22. Masyarakat yaitu sekumpulan orang yang telah hidup bersama serta sanggup menghasilkan kebudayaan.
  23. Max Weber
  24. Masyarakat ialah tatanan atau struktur yang pada pokoknya sudah ditentukan oleh suatu asa serta aneka macam skor yang mayoritas pada warganya.
  25. Soerjono Soekanto
  26. Masyarakat biasanya mempunyai ciri-ciri masyarakat sebagai diberikut :
      1) Manusia yang hidup secara gotong royong dan paling tidak terdiri dari 2 orang.
      2) Hidup dan berteman dengan kurun waktu lama. Berkumpulnya insan tersebut sanggup menimbulkan insan baru. Karena dari hidup bersama dalam jangka waktu usang tersebut, kemudian timbul sistem komunikasi serta peraturan yang bertujuan untuk mengatur kekerabatan antar manusia.
      3) Sadar bahwasannya mereka yaitu satu kesatuan.
      4) Merupakan sistem atau aturan hidup bersama. Sistem dari kehidupan bersama kemudian akan menimbulkan kebudayaan, hal ini lantaran mereka merasa bahwa dirinya tersebut terkait satu sama lain.
  27. Emile Durkheim
  28. Masyarakat ialah suatu kenyataan adil untuk tiap-tiap individu dimana ia yaitu anggotanya.
  29. Karl Marx
  30. Masyarakat sebagai struktur atau tatanan yang menderita ketegangan organisasi maupun perkembangan disebabkan adanya kontradiksi antara aneka macam kelompok yang terpecah secara ekonomis.
  31. Ensiklopedi Indonesia
  32. Masyarakat dibagi menjadi 3 :
      1) Bentuk tertentu dari suatu kelompok sosial yang berdasarkan rasional yang diterjemahkan sebagai masyarakat patembayan, kemudian adanya kelompok sosial lainnya yang masih berasaskan ikatan naluri kekeluargaan atau sanggup disebutu masyarakat Paguyuban.
      2) Merupakan keseluruhan masyarakat insan yang didalamnya mencakup seluruh kehidupan bersama
      3) Menunjukkan tatanan kemasyarakatan dengan mempunyai ciri sendiri atau bukti diri serta sebuah otonomi menyerupai masyarakat barat, ataupun masyarakat pedalaman/primitif dimana suku tersebut belum bekerjasama dengan dunia sekitar.
  33. Wilkinson
  34. Masyarakat sanggup diartikan sebagai suatu kelompok insan yang secara gotong royong hidup dan tinggal di wilayah yang sama dengan batasan wilayah yang bias.
  35. Thomas Hobber
  36. Masyarakat sanggup disebut sebagai komunitas yaitu proses alamiah dimana sekelompok orang hidup bersama guna meterbaikkan kepentingan mereka, dan kepentingan diri tiap individu sanggup diperolah dalam sebuah kelompok tersebut.
  37. Marrion Levy
  38. Terdapat 4 kriteria ciri-ciri suatu kelompok biar sanggup disebut masyarakat, antara lain :
      1) Kemampuan untuk bertahan yang meludang keringhi dari masa hidup salah seorang anggotanya.
      2) Perekrutan sebagian atau seluruh anggotanya dengan cara melalui reproduksi atau kelahiran.
      3) Terdapat sistem tindakan utama yang mempunyai sifat swasembada.
      4) Adanya kesetiaan terhadap sistem tindakan utama dengan bersama-sama.


Dapat disimpulkan dari pengertian masyarakat berdasarkan para pakar diatas, bahwa masyarakat yaitu sekumpulan insan yang kemudian membentuk kelompok untuk hidup gotong royong serta saling membantu untuk saling diberinteraksi. Masyarakat ialah suatu bentuk pengelompokkan insan yang ludang keringh menonjolkan aneka macam macam acara bersama, dimana darii aneka macam kebutuhan anggota kelompok hanya dipenuhi dengan jalan untuk diberinteraksi dengan individu yang lainnya.

Didalam ilmu sosiologi, terdapat 2 macam masyarakat, yaitu masyarakat paguyuban serta masyarakat petambayan. Masyarakat paguyuban terdapat adanya kekerabatan pribadi dengan para anggota yang kemudian sanggup menimbulkan ikatan batin diantara mereka. Masyarakat patambayan terdapat adanya kekerabatan yang pamrih antara para anggotanya.

Unsur-Unsur Masyarakat
    1) Terdapat serikat insan dan jumlah anggotanya banyak.
    2) Terdapat aturan yang bertujuan untuk mengatur masyarakat guna menuju pada tujuan dan kepentingan bersama.
    3) Telah hidup dan bertempat tinggal dalam waktu yang usang pada tempat tertentu.

Bila dipandang dari cara terbentuknya sebuah masyarakat
    1) Masyarakat natur, yaitu masyarakat yang sanggup terjadi dengan sendirinya baik itu disengaja ataupun tidak. Seperti : suku, geromboklan (harde), dan lain sebagainya.
    2) Masyarakat kultur, yaitu masyarakat yang sanggup terjadi dikarenakan adanya kapentingan kepercayaan atau keduniaan.

Masyarakat yang dipandang dari sudut dunia Antropologi terdapat 2 type masyarakat
    1) Masyarakat kecil yang pada umumnya masih belum kompleks, belum mengenal perihal pembagian kerja, tulisan, dan lain sebagainya.
    2) Masyarakat yang sudah kompleks, sudah melaksanakan spesialisasi dalam aneka macam bidang barmasyarakat, lantaran mempunyai pengetahuan yang modern yang maju, teknologi juga sudah berkembang, serta sudah mengenal perihal tulisan.

Ciri-Ciri Masyarakat

 Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
  1. Manusia Yang Hdup Berkelompok
  2. Manusia yang hidup secara gotong royong dan kemudian membentuk sebuah kelompok. Dari kelompok yang dibuat tersebut kemudian menjadi masyarakat. Mereka mengenali satu sama lain tiap anggota masyarakat dan saling ketergantungan. Kesatuan sosial yaitu perwujudan yang terjadi dalam kekerabatan sesama manusia. Seorang insan tidak sanggup melanjutkan hidupnya tanpa bergantung dengan orang lain.
  3. Yang Melahirkan Kebudayaan
  4. Dalam konsepnya, tidak ada suatu masyarakat yang tidak mempunyai budaya. Masyarakat yang melahirkan kebudayaan dan budaya tersebut kemudian diwarisikan dari generasi ke generasi dengan adanya proses-proses penyesuaian.
  5. Mengalami Perubahan
  6. Seperti yang terjadi dalam budaya, suatu masyarakat juga akan mengalami perubahan. Perubahan tersebut sanggup terjadi lantaran beberapa faktor yang berasal dari masyarakat itu sendiri. Contohnya : terdapat inovasi gres yang mungkin saja sanggup menjadikan perubahan kepada suatu masyarakat itu sendiri.
  7. Manusia Yang Berinteraksi
  8. Interaksi yang terjadi sanggup secara mulut ataupun tidak serta suatu komunikasi berlaku apabila terdapat masyarakat bertemu dengan satu sama lain.
  9. Terdapat Kepimpinan
  10. Pemimpin sanggup terdiri dari ketua keluarga, ketua negara, dan sebagainya. Dalam masyarakat Melayu pada awal kepimpinannya bercorak tertutup, lantaran pemilihan yang berdasarkan keturunan.
  11. Terdapat Stratifikasi Sosial
  12. Stratifikasi sosial ialah meletakkan salah satu orang pada sebuah kedudukan dan peranan yang harus dilakukan dalam suatu masyarakat.


Fungsi Sosial Masyarakat
 Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
Menurut Raymond Firth beropini bahwa terdapat 4 faktor yang menunjukkan keberadaan serta fungsi sosial masyarakat, antara lain:
  1. Social Alignment
  2. Social Aligment merupakan suatu sistem dengan pengelompokkan yang berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, aneka macam bentuk dari serikat yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan ataupun status peranan.
  3. Social Controls
  4. Social Controls ialah suatu sistem serta proses yang bertujuan guna mengatur kegiatan dan juga tingkah laris dari tiap individu masyarakat. Sistem ini sanggup disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.
  5. Social Media
  6. Social Media ialah suatu perkomplitan dan peralatan, yang sanggup berupa benda ataupun sebuah bahasa yang kemudian dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya.
  7. Social Standards
  8. Social Standards yaitu suatu ukuran sosial yang digunakan guna meskor dan memilih seluruh kegiatan dan meskor akibattif atau tidaknya suatu kegiatan.


Dari 4 faktor tersebut menunjukkan bahwa terdapat aneka macam cara pengaturan tertentu yang bertujuan membuat keserasian, keseimbangan, dan ketertiban dalam kelangsungan kehidupan. Oleh alasannya yaitu itu, masyarakat secara keseluruhan sanggup menampilkan eksistensinya serta menjalankan fungsi socialnya untuk kelangsungan hidup masyarakt yang bersangkutan untuk sebagai kesatuan sosial.

Proses Terbentuknya Masyarakat
 Pengertian masyarakat ialah sekumpulan orang yang terdiri atas aneka macam kalangan Pengertian Masyarakat dan Ciri-Ciri Masyarakat, Lengkap!
Untuk mempelajari perihal proses terbentuknya masyarakat, perlu dilakukan aneka macam analis dari proses-proses yang ada.

1. Proses Belajar Kebudayaan Sendiri
  1. Proses Internalisasi.
    Manusia mempunyai suatu talenta tersendiri yang ada dalam DNA guna membuatkan macam-macam perasaan, emosi, hasrat, dan nafsu pribadinya. Namun, perwujudan atau bentuk dari kepribadiannya itu sendiri dipengaruhi oleh macam-macam stimulasi yang terdapat di lingkungan sosial, budayanya, dan di sekitar alam.
    Yang dimaksud dari proses internalisasi ialah sebuah proses jangka panjang semenjak individu itu dilahirkan hingga meninggal, dimana insan tersebut berguru untuk menanamkan ke dalam kepribadiannya segala perasaan, nafsu, emosi, dan hasrat yang diperlukan disepanjang hidupnya.
  2. Proses Sosialisasi
    Proses pengenalan erat kaitannya dengan proses berguru kebudayaan yang ada dalam sistem sosial. Proses pengenalan tersebut, insan pada dikala masa bawah umur hingga di masa tuanya mendalami pola-pola tindakan untuk interaksi dengan aneka macam macam individu yang ada di sekililingnya.
  3. Proses Enkulturasi
    Dalam proses ini, insan menyesuaikan dan mempelajari alam pikiran serta sikapnya terhadapa sistem norma, peraturan-peraturan, dan adat-istiadat yang hidup dalam kebudayaannya. Arti dari kata "enkulturasi" yaitu “pembudayaan”.

2. Proses Evolusi Sosial
Proses evolusi masyarakat dan kebudayaan sanggup untuk dianalisis oleh para peneliti seakan-akan dari bersahabat dengan detail ataupun dipandang dari jauh dengan cara memperhatikan adanya aneka macam macam perubahan yang besar.

3. Proses Difusi
Ilmu Paleo antropologi memperkirakan jikalau insan muncul pertama kali di wilayah atau tempat Sabana tropikal yang terletak di Afrika Timur, dan kini insan sudah hampir menduduki di seluruh permukaan bumi. Hal ini sanggup dijelaskan lantaran terdapat proses reproduksi serta migrasi atau gerakan penyebaran yang disertai dengan adanya proses penyesuaian sosial budaya, fisik, dan perkembangan teknologi transportasi itu sendiri.

4. Akulturasi atau Asimilasi
Akulturasi yaitu proses sosial yang sanggup timbul apabila kelompok insan dengan kebudayaan-kebudayaan tertentu yang dihadapkan dengan aneka macam unsur dari kebudayaan yang masih abnormal yang sedemikian rupa, yang pada alhasil unsur-unsur dari kebudayaan abnormal tersebut akan lambat laun diterima serta diolah ke dalam kebudayaan sendiri dengan tidak menghilangkan kepribadian dari suatu kebudayaan itu sendiri. Asimilasi merupakan suatu proses sosial yang dimana sanggup timbul jiak terdapat aneka macam golongan insan yang mempunyai latar kebudayaan berbeda.

5. Inovasi
Inovasi yaitu proses pembaruan dari pemakaian aneka macam macam sumber alam, modal, dan energi, pengaturan gres untuk tenaga kerja, serta pemakaian teknologi yang ludang keringh gres untuk tiruana yang akan mengakibatkan terjadinya sistem produksi, dan dibuatnya aneka macam macam produk baru.

Itulah pengertian masyarakat berdasarkan para pakar dan ciri-ciri masyarakat. Masyarakat pada umumnya menganut sistem adaptif yaitu sistem dimana masyarkaat simpel mengikuti keadaan dengan keadaan di sekitar, hal ini lantaran masyarakat yaitu wadah guna memenuhi kepentingan-kepentingan dan tentunya untuk sanggup bertahan. Masyarakat juga mempunyai aneka macam macam kebutuhan yang sifatnya harus dipenuhi supaya masyarakat sanggup bertahan hidup terus-menerus.
Advertisement

Iklan Sidebar